Home » » 7 Trik Agar Tidak Dibully

7 Trik Agar Tidak Dibully

Written By Novita Retnaningtyas on Saturday, February 16, 2013 | 9:35 AM



[imagetag]

Bullying adalah sebuah tindakan kekerasan atauproses intimidasi yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah kelompok terhadapseseorang yang cukup malang nasibnya. Biasanya, aksi bullying ini bisa terjadidi lingkungan sekolah, pertemanan, keluarga, atau bahkan di tongkrongan.Pokoknya bisa kejadian dimana-mana deh.

Nah, mungkin selama ini kamu ngira kalobullying cuma bisa terjadi sama anak-anak yang culun. Ini salah banget, karenasesungguhnya bullying bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bisa karenakecemburuan sosial, strata sosial, senioritas, atau kalo kamu lagi sial, bisaaja cuma karena iseng.

Nah, DD sangat prihatin dengan yang namanyabully-bullyan ini. Oleh karena itu, hari ini DD akan berbagi cara-cara agarkamu tidak dibully!

1. Jangan Lebay

Biasanya, para bully itu memilih orang-orangyang lebay alias terlihat terlalu berlebihan. Terlalu berlebihannya ini bisamacem-macem ya, bisa karena kamu terlalu jelek, terlalu culun, terlalu ganteng,terlalu pinter, atau mungkin terlalu kaya. Agak absurd sih. Mungkin para bullyini iri sama orang-orang yang berlebihan ini. Tapi yah, kata orang memangsegala sesuatu yang berlebihan itu gak bagus. Jadi kalo bisa sih jangan terlaluberlebihan lah. Nah, trus gimana kalo dari sananya kamu emang udah terlaluganteng dan keren? Yah, yang penting bersikap tetap bersikap rendah hati,lapang dada, dan tepo seliro aja lah. Seperti yang diajarkan pelajaran PPKndulu.

2. Jadilah Penjilat

Ini sama sekali bukanlah hal yang menyenangkandan jujur DD sih gak terlalu suka cara ini. Tapi cara ini cenderung aman sihkalo kamu mau terhindar dari aksi bullying. Kamu bisa mendekati orang-orangyang suka membully dan sok baik-baik gitu deh sama mereka. Biasanya sih merekajuga jadi baik sama kamu trus kamu bisa jadi temen mereka. Tapi kalo kamumenjilatnya berlebihan...yah mungkin jadi dibully juga sih. Ingat bahwa segalasesuatu yang berlebihan itu gak baik.

3. Berteman Dengan Siapa Saja

Atau dengan kata lain jadilah orang yang ramahdan supel. Kalo kamu anaknya kelihatan asik dan ramah, maka harusnya sih gakbakal ada yang niat untuk ngebully kamu ya. Lagipula kalo temen kamu banyak,mungkin para bully juga takut ngapa-ngapain kamu.

4. Jadilah Jagoan

Sesungguhnya, inilah cara tidak dibully yangpaling mulia. Kalo kamu anaknya kuat, ahli bela diri, dan suka membantu umatmanusia, kamu bisa menjadi seorang jagoan anti-bully yang membela kaum yanglemah dan suka dibully. Kamu bisa menantang seorang bully untuk bertarungsecara jantan, satu lawan satu, dan membuktikan bahwa si bully tersebutternyata adalah orang paling cemen sedunia.

5. Terima Nasib

Ini juga bukan merupakan solusi yang mudah danenak sih. Tapi kalo kamu anaknya sabar, lapang dada, dan memiliki selera humoryang luar biasa, mungkin kamu bisa mencoba untuk pasrah aja dan justru membuataksi bully-bullyan itu menjadi sesuatu yang lucu sehingga malah menghibur paraorang yang membully kamu. Pada awalnya kamu mungkin malah akan menjadi favoritpara bully, tapi lama kelamaan mereka pasti akan menganggap kamu anaknya asiktrus kamu gak dibully lagi deh.

6. Bertindak Secara Hukum

Sesungguhnya aksi bully-membully itu adalahsebuah hal yang melanggar hukum lho. Kalo kamu ngerasa aksi bully yang dilakukanke kamu itu sudah kelewat batas, merugikan, dan tidak bisa ditolerir lagi, makasebaiknya kamu jangan ragu-ragu untuk melaporkan hal ini ke pihak yangberwajib. Bisa kepala sekolah, guru, polisi, Kak Seto, Hotman Paris, atausiapalah. Pokoknya laporin ke orang-orang yang bisa menindak mereka secarahukum yang berlaku deh. Biar kapok. Hari gini masih aja main bully-bullyan.

7. Cabut/Pindah

Kalo menurut kamu bahkan aksi bully tersebutgak bisa diselesaikan secara hukum, mungkin ada baiknya kamu pindah darilingkungan tersebut. Ya dipikir-pikir ngapain juga sih ada di lingkungan yangmasih aja main bully-bullyan. Maksudnya biar apa sih? Kalo dibully trus jadilebih kuat gitu? Gak ada hubungannya sama sekali. Orang ngebully karena sukaaja ngeliat orang lain tersiksa. Jadi kalo kamu emang ngerasa lingkungannyasama sekali gak mendukung kamu, mending sih kamu pindah aja. Takut dibilangcemen? Gak usah dipikirin. Trus kalo kamu dibilang cemen sama para bully ituemang efeknya apa? Titit kamu bakal lepas gitu? Nggak juga kan? Santai aja.

Nah gitu deh. Semoga guide dari DD ini bisamembantu kamu untuk terlepas dari aksi bully-bullyan. Lagian ngapain sih harigini masih main bully-bullyan? Primitif ah.

Sumber

112786

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger