Home » , , , » tips mengubah tampilan ubuntu menjadi windows 7

tips mengubah tampilan ubuntu menjadi windows 7

Written By Unknown on Tuesday, November 22, 2011 | 8:16 PM

Ingin mengubah tampilan ubuntu menjadi semirip mungkin dengan Windows 7? Win2-7 Pack adalah jawabannya.
Dengan Win2-7 Pack, kalian bisa menjadikan ubuntu sangaaat sangat sangat mirip Windows 7. Saya pun terkaget-kaget ketika mendapatkan hasilnya :D. Bahkan beberapa teman sempat terkecoh dengan tampilan baru ini. Mereka sempat kaget, "Lho, kok Windows 7 mu bisa goyang-goyang dan ada 3D desktopnya juga sih???", kata mereka :D
Siapa yang tidak mengira saya sedang menggunakan Windows 7 coba, kalau tampilan desktop saya seperti ini:
Benar-benar mirip dengan Windows 7 kan :D
Oke, sebelumnya akan saya terangkan dulu apa Win2-7 pack ini dan bagaimana cara kerjanya.
Win2-7 Pack ini sebenarnya adalah kumpulan dari script-script executable yang bertugas untuk mengubah tampilan ubuntu kita. Kita cukup menjalankan satu script "Install" dan semuanya akan dikerjakan secara otomatis! Kita hanya perlu meng-klak-klik beberapa pilihan yang disodorkan kepada kita saat proses berlangsung. Tau-tau tampilan ubuntu kita nanti akan berubah sendiri :D
Pengen nyoba? begini langkah-langkahnya:
  • Download dulu Win2-7 Pack di sini
    (file-nya lumayan besar, 50an Mb)
  • Setelah terdownload, ekstrak file tersebut ke home folder kita. Akan ada folder baru di folder home kita (Win2-7Pack).
  • Masuk ke folder tersebut, cari file yang bernama "GUIInstall.sh" klik kanan file tersebut, kemudian pilih "Properties".
  • Di tab "Permission", beri hak akses "Execute" untuk "Owner" (kita) dengan cara men-centang Execute untuk owner.
  • Oke, tutup propertiesnya.
  • Sekarang klik ganda file "GUIInstall.sh" tersebut, pilih "Run In Terminal"
  • Sip, proses akan berlangsung, siap-siap untuk klak-klik ya :D
Bagaimana mengembalikan tampilan ubuntu kita seperti sebelumnya?
Caranya juga sangat mudah! Cari file GUIUninstall.sh (perhatikan nama file-nya, berbeda lo dengan yang GUIInstall.sh tadi), kasih hak akses juga, kemudian run lewat terminal.
TIPS:
Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, pastikan saat menjalankan script di atas, kita dalam keadaan online, karena beberapa komponen yang belum tersedia memang harus didownload dulu, tenang, otomatis di-download-kan kok :D
DISCLAIMER:
Karena proses ini akan mengubah sistem, maka use this tutorial at your own risk. Usahakan backup dulu data-data penting. Saya tidak akan bertanggung jawab kalau-kalau ubuntu temen-temen macet atau gimana. Saya hanya berbagi pengalaman, dan saya tidak akan berbagi pengalaman yang menjerumuskan :D. Iya, buktinya tutorial ini dapat bekerja dengan sangat baik di laptop saya (Acer Aspire 4736).
Begitupun yang dinyatakan oleh tim pengembang script ini:
"We have put in hours and hours to make the Win2-7 pack do a very careful and safe installation and uninstallation, but none the less, use at your own risk and make a backup just as you would during any major update. Anyone involved in the Win2-7 Pack Team is not liable for any dataloss or damage that is the direct or indirect result of the Win2-7 Pack."
Tambahan screenshot nih:
Tampilan "Explorer"-nya (Nautilus)
Start menu pun kayak Windows 7 (GnoMenu)

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger