Home » , , » Tips Membuat USB Flash Disk Kebal Malware

Tips Membuat USB Flash Disk Kebal Malware

Written By Unknown on Monday, May 7, 2012 | 9:29 PM


Apa yang terjadi kalau Sobat enterkey mencolokkan USB flash disk ke komputer? Kebanyakan orang mendapati munculnya kotak dengan beberapa pilihan. Kotak itu merupakan fitur “autorun”. Hati-hati dengan kotak menu ini. Jangan sembarangan mengklik pilihan yang ada dalam menu itu. Soalnya, salah satu atau beberapa opsi bisa jadi menjalankan malware.

Anda harus perhatikan opsi yang akan Anda klik atau perhatikan saja semua opsi yang ada. Kalau ada yang aneh, Anda sudah harus curiga kalau USB flash disk itu sudah terjangkit malware. Salah satu keanehan itu misalnya adanya pilihan “Open folder to view file” tapi di bawahnya bukan tulisan “using Windows Explorer” tapi tulisan “using Application”. Keanehan lain adalah munculnya pilihan “Start my application.” Di bawah pilihan itu ada teks “using the program provided on the device.”

Andai saja Anda betul-betul menjalankan pilihan yang tak biasa itu, maka bisa dipastikan kalau komputer yang dicoloki USB flash disk akan tertular malware. Program yang Anda jalankan itu sebetulnya merupakan usaha malware menyebar ke perangkat lain.

Itulah salah satu metode yang digunakan malware untuk menyebar dengan USB flash disk. Teknisnya begini. Sebuah program dapat secara otomatis berjalan ketika USB flash disk dicolok. Supaya bisa begitu, USB flash disk harus punya file bernama “autorun.inf”. Malware akan membuat file itu supaya dirinya bisa dijalankan saat USB flash disk dicolok. Ketika itulah komputer juga akan terjangkit malware.

Nantinya, kalau ada USB flash disk lain yang masih bersih juga tercolok ke komputer, USB flash disk itu akan pula terkena malware. Tapi dengan sedikit tipis, salah satu metode penyebaran dengan USB flash disk bisa dicegah. Meskipun demikian, perlu diingatkan, USB flash disk Anda tidak akan seratus persen bisa tidak terserang virus.

Untuk mencegah malware pindah dari USB flash disk, buatlah agar USB flash disk tidak menjalankan apa pun pada saat dicolokkan. Cara paling gampang adalah dengan menekan tombol [shift] pada keyboard pada saat USB flash disk dicolokkan. Sayangnya, ketika USB flah disk dengan klik ganda di jendela My Computer, file autorun.inf tetap dijalankan.

Ada cara lain, yakni dengan mencegah masuknya malware ke USB flash disk. Caranya adalah dengan mencegah pembuatan file autorun.inf. Langkah-langkahnya begini.
Buat agar Windows Explorer menampilkan semua file, termasuk file yang disembunyikan.
Buka USB flash disk (pastikan sudah bebas virus), hapus file autorun.inf yang ada.
Buatlah folder baru dengan nama “autorun.inf”.
Masuk ke folder yang baru saja dibuat.
Buat file teks biasa pakai Notepad dengan nama sembarangan. Nanti nama file itu akan diubah dengan karakter-karakter dari Bahasa Jepang, Korea, atau China.
Kalau Anda sudah instal Microsoft Office, coba buka Character Map [Start] > [Programs] > [Accessories] > [System Tools] > [Character Map]. Pilih font [Arial Unicode MS]. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan karakter-karakter Jepang, Korea, atau China. Klik ganda pada karakter yang dipilih. Beri saja 5 karakter untuk nama file.
Klik [Copy].
Setelah itu, ubah nama (rename) file teks yang sudah dibuat. Klik kanan pada file, lalu klik (Rename).
Tekan [Ctrl] + [V] untuk melakukan paste. Nama file pun sudah pakai karakter- karakter yang sudah dipilih. Bisa jadi yang muncul bukan huruf Jepang, Korea, atau China, melainkan kotak-kotak saja. Tak apa, itu normal.

Nah Selesai . USB flah disk Anda aman dari virus.
Semoga tips di atas bermanfaat buat sobat enterkey sekalian..

Sumber :
sidoharjo.com

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger