Home » » 5 Masalah Yang Bikin Orang Selalu Bangun Kepagian

5 Masalah Yang Bikin Orang Selalu Bangun Kepagian

Written By Novita Retnaningtyas on Friday, February 22, 2013 | 11:08 PM



[imagetag]

5 Masalah yang Bikin Orang Selalu Bangun Kepagian -

Bangun pagi-pagi banyak untungnya, misalnya tidak terburu-buru saat mau berangkat kerja dan masih sempat menghirup udara segar. Namun kadang, bangun terlalu pagi karena hal-hal yang tidak diinginkan rasanya bisa sangat menyebalkan.

Hal-hal yang sering jadi masalah karena membuat orang selalu bangun lebih awal dari yang seharusnya adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari

MSN Health.

1. Perasaan gelisah

Penyebab paling umum dari tidur yang tidak nyenyak adalah perasaan gelisah, yang kadang-kadang tidak jelas apa pemicunya. Kadang hal ini terjadi ketika sedang banyak pikiran, atau justru karena malam harinya terlalu memaksakan diri untuk bisa tidur lalu sebentar-sebentar melihat jam.

2. Kebelet pipis

Hasrat untuk pergi ke toilet yang sering muncul saat tidur malam disebut nocturia dan bisa dipicu oleh berbagai sebab, mulai dari gaya hidup hingga penyakit tertentu. Gangguan prostat serta kandung kemih misalnya, harus segera diperiksakan sedangkan kalau hanya karena kebiasaan minum kopi atau minum air putih terlalu banyak pada malam hari maka solusinya tinggal mengubah kebiasaan saja.

3. Nyeri kronis

Penelitian membuktikan, antara 60-90 persen perderita nyeri kronis baik berupa sakit kepala permanen maupun nyeri punggung karena rematik, cenderung tidak nyenyak tidurnya. Nyeri sekecil apapun bisa memberikan dampak sangat besar pada pola tidur, sehingga menjadi tidak nyenyak dan mudah terbangun.

4. Suasana tidak mendukung

Lampu yang terlalu terang, suara berisik dan temperatur ekstrem merupakan gangguan yang paling sering menghalangi seseorang untuk mendapatkan tidur berkualitas. Menurut penelitian, orang yang tidur dalam suasana seperti ini pasti mengalami gangguan tidur sekalipun kadang tidak benar-benar sampai terbangun.

5. Perut dan pencernaan bermasalah

Gangguan pencernaan seperti maag, diare atau bahkan sekedar lapar juga bisa mengganggu tidur, sehingga gampang terbangun sebelum waktunya. Gastro Esophagial Refluks Disease (GERD) atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan yang ditandai dengan gejala nyeri dada adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling sering mengganggu tidur.

credit by detikhealth

Sumber

112786

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger