Home » » Trik Menjadi Juara Kelas

Trik Menjadi Juara Kelas

Written By Novita Retnaningtyas on Thursday, February 28, 2013 | 8:38 PM

Pengin jadi juara kelas? Kenapa tidak. Menjadi juara kelas tak harus kutu buku. Yang penting adalah belajar dengan keras,

menguasai materi, tahu trik-triknya dan rajin mengerjakan pe-er. Satu lagi yang penting : jangan lupa berdoa.

Ini dia caranya.



[imagetag]

Harus masuk otak smua nih!



A. 4

CARA MENJADI JUARA KELAS

Ada 4 cara yang harus kamu perhatikan kalau ingin jadi juara kelas.

1. Trik Menghadapi Ulangan

Kuasai pelajaran yang bakal diujikan. Artinya, kamu harus belajar serius.

Yakinkan bahwa kamu pasti bisa meraih nilai bagus untuk pelajaran itu.

Ketika kamu masuk ke ruangan ujian, yakinkan bahwa kamu pasti bisa mengerjakannya karena kamu sudah menguasai materinya.

Pertama-tama jawablah pertanyaan-pertanyaan yang kamu yakin bisa mengerjakannya. Kemudian berpindahlah ke pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai bobot lebih tinggi. Jadi, kalau ada pertanyaan yang kamu rasa tidak bisa, tinggalkan dulu. Baca pertanyaan dengan teliti dan cepat untuk menghemat waktu.

Untuk pertanyaan-pertanyaan yang punya bobot paling sedikit, kerjakan paling akhir.

Jika kamu tidak bisa menjawab dalam pertanyaan multiple choice,berilah tanda silang pada jawabannya. Kalau ada waktu tengok kembali pertanyaan itu. Dan, jika kamu harus mengira-ira, pilihlah salah satu jawabannya. Jadi jangan dibiarkan kosong.

Pada pertanyaan-pertanyaan dengan kalimat panjang yang harus dijawab Yaatau Tidak, jawaban biasanya Ya.Kata-kata seperti selaluatau tidak pernahbiasanya muncul dan menandai kalimat itu salah. Biasanya jawabannya Tidak atau Salah.

Kalau soalnya berupa essaydan kamu buntu tidak bisa menjawabnya, jangan biarkan. Ambil pinsil dan mulailah menulis. Walau kamu hanya menuliskan pertanyaannya, aksi dari penulisanmu itu akan membuka pikiranmu dan memacu otakmu untuk mencari dan menemukan jawabannya.

Setelah membaca pertanyaan multiple choice,yakinkan bahwa jawabanmu benar. Hal itu akan menjagamu dari kebimbangan menjawab soal. Dengan kejakinan itu kamu tak bakal mengulangi pertanyaan itu lagi dan membuatmu pede untuk

menjawab pertanyaan selanjutnya.

2. Study Smarter

Mulailah belajar paling tidak 2 hari sebelum ulangan.

Hal itu akan mengurangi tingkat stres karena kamu tidak belajar dengan sistem kebut semalam.

Ingat, jangan belajar

hanya kalau

ada ulangan saja. Besok ulangan hari ini belajar. Itu sangat tidak dianjurkan

Malam sebelum ujian, tinjau kembali ringkasanmu paling tidak satu jam. Setelah itu, tidurlah. Kalau kamu tidak bisa tidur minumlah vitamin B-Complek satu butir untuk melepaskan otot-otot otakmu yang tegang akibat belajar. Atau, minumlah segelas susu hangat. Keduanya itu akan bisa membuatmu tidur nyenyak.

Simpanlah kertas ulanganmu dan pe-er untuk digunakan sebagai study guidepada ulangan-ulangan berikutnya dan saat ujian akhir. Biasanya, sebagian besar guru menggunakan kembali pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan.

Bentuklah kelompok belajar bersama teman-teman dekatmu. Adakan saling tukar catatan atau melengkapi catatan masing-masing. Adakan juga belajar bersama sebelum menghadapi ujian besar atau ujian akhir. Belajarlah dengan serius, jangan main-main, apalagi ngobrol. Gunakan waktu sebaik-baiknya.



[imagetag]

Belajar kelompok jangan ngobrol



3. Konsumsi Makanan Otak

Biasakan untuk sarapan pagi. Tapi jangan dibiasakan untuk minum kopi. Kopi hanya memacu otak sesaat, setelah itu kamu akan mengantuk atau lelah karena kopi menyerap kalsium.

Tambahkan makanan berprotein tinggi pada sarapanmu untuk memacu otak kamu, seperti susu, telur, serela yang mengandung banyak protein.

Jnagan sarana dengan nasi seperti nasi goreng terlalu banyak karena akan membuatmu malah ngantuk.

Sarapan roti dengan telur rebus atau selai kacang juga dianjurkan.

Sesendok minyak ikan di pagi hari ju

Sumber

#65bcdf

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger