Home » » Alasan Kenapa Tali Toga Dipindahkan Saat Wisuda

Alasan Kenapa Tali Toga Dipindahkan Saat Wisuda

Written By Novita Retnaningtyas on Wednesday, February 13, 2013 | 5:28 PM



[imagetag]

Nah,ketika wisuda setiap mahasiswa pasti memakai toga. Tetapi andassemua pada tau gak mengapa pada saat wisuda itu tali toga disampirkan di kepalasebelah kiri, lalu kemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.

Toga

merupakansimbol yang menyatakan bahwa mahasiswa telah lulus dan siap untuk terjun kemasyarakat. Tali toga yang awalnya disampirkan di kepala sebelah kiri lalukemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.

Tali toga di sebelah kiri maksudnya adalah selama menjadimahasiswa, bagian otak yang dipakai mahasiswa kebanyakan adalah otak kiri.Dimana otak kiri itu hanya berhunbungan dengan bahasa atau hafalan. Nah,dipindahkannya tali toga dari kiri ke kanan itu dimaksudkan agar setelah luluspara sarjana tidak hanya menggunakan otak kiri, tetapi harus lebih banyakmenggunakan otak kanan. Dimana otak kanan ini berhubungan dengan dayaimajinasi, kreativitas, dan inovasi seseorang. Hal ini berhubungan dengan jenispekerjaan yang harus dipilih para lulusan.

Diharapkan setelah lulus, mereka tidak hanya menggunakan otak kiri yang"hanya mengandalkan bekerja pada orang lain" namun "harus mampuberpikir kreatif, imajinatif dan inovatif" yang menggunakan otak kanandalam menciptakan pekerjaan bagi diri mereka sendiri. Jadi,ini dimaksudkan agarpara lulusan dapat berwirausaha secara baik.

Dengan demikian, marilah kita para sarjana berusaha membangun sistemwirausaha yang kuat untuk menguatkan struktur perekonomian bangsa agar lebihmerata, serta mengurangi pengangguran yang merajalela di negeri kita tercintaini.

Sumber

#65bcdf

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger