Home » » Ayo Lawan Insomnia!

Ayo Lawan Insomnia!

Written By Novita Retnaningtyas on Wednesday, February 13, 2013 | 5:36 PM


Pernah mendengar istilah insomnia? Insomnia ialah sebuah gejala kelainan tidur berupa kesulitan berulang saat mencoba untuk tertidur atau susah untuk tetap terlelap. Biasanya kesulitan saat tidur ini juga diikuti dengan gangguan fungsional dari si penderita saat ia terbangun seperti kurangnya konsentrasi saat beraktivitas. Penyebab dari insomnia bisa dikarenakan dua hal, memang karena faktor fisik, seperti yang terjadi pada remaja. Remaja bisa mengalami insomnia karena perubahan hormon. Salah satu hormon yang dikeluarkan tubuh kita yaitu melatonin berfungsi untuk mengatur irama tubuh untuk tidur, dan pada remaja biasanya hormon tersebut tidak dihasilkan secara optimal, sehingga menimbulkan kecenderungan sulit tidur. Penyebab lainnya ialah dari sisi psikologis, kondisi stress, dalam tekanan pekerjaan dan sebagainya bisa membuat kita juga terkena insomnia.

Anehnya, banyak sekali anak-anak muda yang terkesan bangga dengan insomnia yang mereka alami. Bisa terus beraktivitas hingga pukul 2 atau 3 pagi menjadi sebuah kebanggan tertentu. Malah baru-baru ini ada sebuah acara televisi swasta yang mengumpulkan orang-orang penderita insomnia untuk diadu siapa yang paling kuat.

Padahal, insomnia ini jelas-jelas suatu penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh. Insomnia bisa menjadi sebuah kebiasaan hingga penderitanya akan mengalami kesulitan tidur terus menerus dan mengganggu baik kesehatan mental ataupun fisiknya. Masalah yang bisa ditimbulkan insomnia antara lain; Kesulitan fokus dan berkosentrasi, ini tentunya sangat merugikan diri kita dalam hal pekerjaan, kuliah dan sebagainya. Fungsi otak kita yang harusnya maksimal karena beristirahat di malam hari, harus bekerja tanpa istirahat, dan ini membuat kita kelelahan dan sulit fokus.

Akibat lain akibat insomnia ialah, lebih sensitif dan mudah terkena stress, bahkan sebuah survey BBC yang dilakukan di Inggris membuktikan bahwa penderita insomnia tiga kali lebih mudah terkena depresi. Insomnia membuat kreativitas dan daya ingat menurun, kelelahan akibat kurangnya otak beristirahat membuat kerja otak tidak akurat. Insomnia juga membuat tekanan darah naik dan gampang terkena penyakit, akibat antibody tubuh yang harusnya terbentuk saat kita tidur, tapi malah tidak bisa terbentuk sama sekali.

Karena insomnia memang sebuah penyakit, sebenarnya hanya bisa disembuhkan dengan obat-obatan, seperti obat penenang atau obat tidur. Tapi selain itu juga bisa disembuhkan dengan terapi, dimana penderita diajarkan untuk memperbaiki kebiasaan tidur. Baik obat-obatan dan terapi itu ditujukan untuk penderita insomnia yang sudah parah. Bagi orang-orang yang hanya baru merasakan gejala kesulitan tidur selama beberapa kali berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kebiasaan tidur; Buatlah suasana kamar nyaman dan ketika hendak tidur jangan biarkan terganggu oleh televisi,game, SMS atau bahkan buku. Hindari makan dan minum terlalu banyuak menjelang tidur, usahakan berhenti makan cemilan atau makan besar beberapa jam sebelum tidur. Mandi air hangat sebelum tidur, hal ini dapat membantu membuat badan rileks. Dan yang terakhir olahraga yang rutin di pagi hari dapat membuat jadwal tidur menjadi normal.

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger