Home » , , » Fakta - Fakta Tentang Black Hole

Fakta - Fakta Tentang Black Hole

Written By Blogger Pemula on Thursday, February 14, 2013 | 3:59 PM

Apa itu Black Hole?
Adalah sebuah obyek yang sangat padat (dengan kata lain, memiliki massa yang besar dalam volume yang cukup kecil) yang dengan gaya gravitasinya cukup kuat untuk mencegah cahaya atau apa pun dari melarikan diri, apalagi kalo ente sampe terjebak gan..
Teori tentang Black Hole dilontarkan pertama kali oleh John Michell dan Pierre-Simon Laplace pada abad ke 18..

Nama Black Hole diperkenalkan oleh John Archibald Wheeler pada tahun 1967. Dan sampai sekarang digunakan untuk khalayak umum. Bahkan sering digunakan untuk film fiksi ilmiah, padahal Black Hole bukan fiksi sama sekali..

ilustrasi Black Hole

Apakah Black Hole mengabaikan hukum grafitasi?

Sebenarnya Black Hole mematuhi semua hukum fisika, termasuk grafitasi.
Pada tahun 1687, mbah Isaac Newton menunjukkan bahwa semua benda di alam semesta terhubung melalui grafitasi..
Namun di bumi, jika dibandingkan energi listrik, magnet, ataupun tekanan terkesan energi grafitasi adalah yang terlemah. Namun tidak seperti itu kondisi di Black Hole..
Penemuan Newton ini telah disempurnakan oleh mbah Einstein. Beliau berkata melalui teori relativitasnya bahwa benda yang massive memiliki mampu mendistorsi ruang dan waktu secara kontinyu, nah distorsi inilah yang kita rasakan sebagai grafitasi. Jadi dengan teori inilah bisa menjadi penjelasan mengapa grafitasi BFlack Hole sangat besar, sampai mampu menyedot cahaya..

Teori yang di praktekkan oleh NASA

Seberapa besarkah Black Hole?
Besarnya lubang hitam bisa kita bayangkan dengan sebuah bola yang memiliki 2 garis horizon, ketika ente udah masuk ke dalam daerah event horizon, maka udah gak bisa kembali gan..
Ukuran event horizon (disebut jari-jari Schwarzschild, karena beliaulah yang menemukan teorinya) bisa sebesar 6 mil, kalo dibuat perbandingan, ukuran jari2 Scwarzschild bumi adalah 5mm, maksudnya disini adalah seberapa besarkah ente harus memampatkan bumi agar bisa menjadi lubang hitam. Black Hole tidak harus besar, tapi yang pasti adalah sangat padat..



struktur Black Hole

Apa saja tipe Black Hole?
Sebenarnya semua Black Hole identik, yang membedakan adalah massanya, putaran terhadap sumbunya, dan muatan listriknya. Yang mengagumkan dari Black Hole adalah ketika si doi menelan sebuah benda (benda apapun itu) maka karakteristik benda tersebut akan terhapus..
Adapun tipe Black Hole dimana semakin besar galaksi doi berada, maka semakin besar dan massive pula Black Holenya..

perbandingan antar Black Hole

Apa yang terjadi bila Black Hole salng bertabrakan?
Sangat memungkinkan sekali terjadi tabrakan antar Black Hole (di alam ada milyaran Black Hole gan), begitu mereka saling mendekat dan tidak ada yang bisa lepas dari grafitasi satu sama lain, maka mereka akan bergabung menjadi satu Black Hole. Perpaduan ini akan menghasilkan energi yang luar biasa besar, dan dapat menimbulkan riak pada ruang dan waktu, yang disebut gelombang grafitasi..

2 black hole yang berhimpitan di galaksi NGC 6240

riak pada ruang dan waktu (gelombang grafitasi)

Apakah yang ada di dalam Black Hole?
Sampai saat ini belum ada yang tahu apa yang ada di dalam Black Hole, karena semua materi, bahkan cahaya, tidak ada yang bisa kembali dari dalam Black Hole..
Spekulasi sampai saat ini adalah adanya White Hole, yang mengeluarkan isi Black Hole melewati lubang cacing. Namun belum ada pengetahuan paten tentang ini, karena belum ada manusia yang tahu bagaiman sistem kerja Black Hole di dalam event horizon..

spekulasi tentang lubang cacing

Apakah "waktu"di luar dan di dalam Black Hole sama?
Menurut terori mbah Einstein, benda masif menciptakan distorsi dalam ruang dan waktu. Dekat lubang hitam, distorsi menjadi begitu kuat sehingga waktu berperilaku dengan cara yang tak terduga..
Sederhananya seperti ini, jika kita melempar jam ke dalam Black Hole, maka semakin dekat dengan Black Hole jam tersebut akan semakin melambat dan akhirnya berhenti berdetak..Namun berbeda jika kita yang masuk dengan jam, maka tidak akan ada perubahan pada jam tersebut. Hal inilah yang dimaksud teori relativitas, pandangan orang yang bergerak menuju Black Hole dan orang yang diam di luar Black Hole akan berbeda..


semakin dekat dengan Black Hole, jam akan semakin melambat

Apakah Black Hole abadi?
Karena tidak ada yang bisa melepaskan diri dari Black Hole, maka Black Hole tidak bisa di hancurkan, itu benar. Namun ternyata Black Hole bisa mati gan, dengan berjalannya waktu maka lama kelamaan Black Hole akan menguap kembali menjadi energi semula dan kembali ke alam semesta..
Teori ini dikemukakan oleh fisikawan terkenal om Stephen Hawking pada tahun 1974 dengan menggunakan hukum mekanika kuantum..

om Stephen gan

Bagaimanakah Black Hole lahir?
Sebuah Black Hole akan muncul ketika suatu objek tidak bisa menahan kompresi dari grafitasinya sendiri. Untuk bumi dan matahari kagak mungkin jadi Black Hole gan, karena grafitasi mereka tidak cukup besar untuk mengalahkan kekuatan atom dan nuklir interior mereka sendiri, sehingga kompresi pun terhalangi. Namun pada objek yang lebih besar dimana grafitasinya juga sangat besar, maka grafitasi akan menang dan terjadilah kompresi pada objek yang bersangkutan, lalu muncullah Black Hole..
Prosesnya terjadi ketika bintang supermasif (ratusan kali lebih berat daripada Matahari) meledak, maka terjadilah supernova, karena pelepasan energi yang sangat besar inilah terjadi pemampatan objek yang diakibatkan oleh grafitasi objek tersebut..

supernova yang terjadi di daerah Cassiopeae

Ada berapa banyak Black Hole di alam semesta?
Seperti mencoba menghitung seberapa banyak pasir di seluruh penjuru dunia, karena Black Hole pun juga tak terhitung jumlahnya. Namun yang paling penting adalah tidak ada Black Hole yang cukup dekat sehingga membahayakan Bumi (sampai saat ini)..
Logikanya seperti ini, Black Hole terbentuk karena ledakan bintang supermasif, sementara di Bima Sakti saja terdapat kurang lebih 100 juta bintang supermasif, bisa ente simpulin berapa tuh Black Hole yang ada. Itu masih di Bima Sakti, belon galaksi laen gan..
Dan sampai saat ini hanya ada selusin Black Hole yang terdeteksi dari bumi, dan yang terdekat berjarak 1600 tahun cahaya..

secuil bagian Bima Sakti di daerah Sagitarius

Bagaiman para ilmuan bisa mendeteksi Black Hole?

Lubang hitam tidak meradiasikan cahaya, dan sebuah objek yang terjatuh ke dalamnya tidak akan mampu lagi memancarkan cahayanya. Semua itu menjadikan upaya mendeteksi lubanghitam akan sangat menantang. Hanya ketika sebuah lubang hitam berada dalam wujudnyayang kembar dan efek gravitasi menyebabkan pasangannya itu menghasilkan gas, kita dapat mendeteksi sinar-X. Sinar yang berasal dari piringan-piringan di sekitar lubang hitam terlihat sangat mirip dengan sinar yang berasal dari piringan-piringan di sekitar bintang-bintang neutron. Jadi satu – satunya cara yang biasa dilakukan para ilmuwan dalam mendeteksi adanya black hole adalah menganalisis keluaran sinar x yang dihasilkan oleh partikel-partikelyang bergerak cepat di event horizon sebelum jatuh ke black hole atau mengamati sistem bintang ganda..

Spitzer Space Telescope, untuk menangkap sinar X dari Black Hole

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger