Home » , , » Fenomena Langka, Tornado Api di Australia

Fenomena Langka, Tornado Api di Australia

Written By Novita Retnaningtyas on Tuesday, February 12, 2013 | 9:01 PM

Sebuah fenomena langka terjadi di Australia di mana seorang fotografer berhasil mengabadikan sebuah badai tornado dari api.

Momen langka tersebut didapatkan oleh Chris Tangey, seorang produser film, secara tidak sengaja saat sedang mencari lokasi syuting film terbarunya di Alice Springs, Australia.

Menurut ceritanya, momen tersebut diambil setelah ia menyelesaikan tugasnya. Ia mengaku pergi untuk membantu pekerja di peternakan. Dan saat itulah ia berhadapan dengan salah satu fenomena alam yang paling menakutkan.

Hanya berjarak 300 meter dari tempatnya berdiri, terlihat sebuah tornado api setinggi 30 meter yang terdengar seperti sebuah jet tempur, meskipun tidak ada angin di daerah itu.

Tornado api disebabkan ketika udara yang hangat melakukan kontak atau menyebabkan kebakaran di tanah. Dimana pusaran api ini diketahui hanya berlangsung selama sekitar dua menit dan sangat jarang ditemui. Tapi Tangey menemukan dirinya terpesona ketika menyaksikan tornado api yang berlangsung selama lebih dari 40 menit.
Fenomena langka, Tornado api ini terjadi di Alice Spring, Australia.

Saat itu Chris mengaku hanya berjarak 300 meter dari lokasi terjadinya tornado.

“Cuaca saat itu sangat tenang dengan suhu sekitar 25 derajat celsius. Kemudian ada seorang pria berteriak, dan ketika berbalik aku melihat tornado api setinggi 30 meter.” tutur pria berusia 52 tahun tersebut. “Aku hanya berjarak sekitar 300 meter dari tornado itu, dan bunyi angin itu terdengar seperti jet tempur. Saya terpana melihatnya."


Fenomena langka ini tercipta akibat keringnya daratan dan cuaca panas.


"Aku telah melakukan syuting selama 23 tahun dan belum pernah melihat seperti itu sebelumnya. Kami sering mendengar tapi tidak pernah menyaksikan secara langsung sebelumnya," pungkasnya.

Walau terlihat menakjubkan, pemandangan langka ini terbilang sangat berbahaya. Di tahun 1923, pusaran angin yang mengandung api membunuh ribuan orang di Jepang.
Namun berbeda dengan kali ini, insiden angin tornado yang terjadi di pedalam yang terpencil tidak memakan korban.

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger