Home » , , , , » Festival Lemon Di Prancis, Lemon Disulap Jadi Menara Eiffel

Festival Lemon Di Prancis, Lemon Disulap Jadi Menara Eiffel

Written By Novita Retnaningtyas on Tuesday, February 19, 2013 | 10:52 PM

Pesta makanan sering dijadikan ajang festival di berbagai belahan dunia. Seperti contohnya perang buah tomat di Spanyol yang terkenal. Nah, di Prancis ternyata ada festival buah Jeruk atau Lemon. Festival Lemon ini sudah sangat melegenda di seluruh dunia. Bahkan acara besar ini sudah ada ratusan tahun yang lalu. Festival Lemon ini sendiri pergelaran perdananya diadakan pada akhir abad ke-19. Dan festival besar – besaran ini masih dirayakan dan tetap eksis hingga saat ini. Bahkan acara ini dibudidayakan menjadi acara pariwisata di Perancis untuk menarik minat para pengunjung dan wisatawan.

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada tanggal 17 Februari – 7 Maret 2012, di Perancis kembali diadakan festival Lemon. Festival yang berlangsung selama 3 minggu ini diadakan di Menton, sebuah kota kecil di Perancis. Memang sudah merupakan agenda rutin kota Menton untuk mengadakan festival tahunan ini setiap bulan Febuari hingga Maret. Pada masa tersebut, kota Menton nampak sangat meriah. Kota Menton dipenuhi dengan berbagai macam buah lemon yang dibentuk. Bentuknya pun bermacam – macam dan sangat menarik. Dapat Anda bayangkan bahwa di sana ada jutaan buah lemon tumpah di sepanjang jalan dan memenuhi dekorasi kota ini. Dekorasi dari buah lemon ini dirancang oleh para perancang dan seniman dari mancanegara.

Untuk menggelar festival ini, dibutuhkan sebanyak 145 ton buah lemon. Buah lemon ini digunakan untuk menghias dekorasi tata kota dan membuat berbagai macam patung yang akan ditampilkan dalam festival tersebut. Festival lemon itu sendiri mempunyai tema ‘Daerah-daerah di Perancis’.

Kota Menton ini sendiri terkenal dengan julukan “Mutiara dari Perancis”. Kota Menton ini sendiri menjadi kota yang hidup semenjak adanya festival buah lemon ini. Pengunjung dari festival dan parade buah lemon ini sendiri telah menarik sebanyak 200.000 wisatawan.

Selama festival ini diadakan, akan ada pembangunan patung – patung yang terbuat dari buah lemon, parade kendaraan yang dihiasi dengan buah lemon. Kendaraan – kendaraan tersebut akan berparade dan berkeliling di jalan-jalan kota Menton tersebut. Tak lupa juga diiringi oleh massa dan dipercantik dengan penampilan marching band. Acara pada malam hari juga diikuti dengan kembang api yang dipertunjukkan di atas teluk Mediterania. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan untuk ditonton.

Perayaan dan festival ini sendiri dimulai pada tahun 1929. Ketika itu, kota Menton menjadi produsen utama dari buah lemon. Keberhasilan tersebut dirayakan oleh kota Menton dengan sebuah perayaan yang penuh dengan bunga di sebuah kebun jeruk di Riviera Hotel. ternyata perayaan ini sangat sukses menarik banyak pengunjung. Oleh karena itu, perayaan ini dijadikan acara tahunan oleh kota Menton. Pada tahun 1934, Festival ini dijuluki Festival Lemon atau FĂȘte du Citron dalam bahasa Perancis.

Gambar di atas adalah foto dari Valery Hache, sebuah bangunan di Perancis.

Foto dari menara Eiffel dan pintu masuk ke stasiun Metropolitan yang terbuat dari buah lemon di Menton, Perancis.

Sebuah Puri lemon yang sangat besar.
Angsa dan sebotol anggur yang menjadi ciri khas daerah barat daya Perancis, Bordeaux.

Menara Eiffel yang merupakan simbol kota Paris.

Gereja yang terbuat dari buah lemon.

Sebuah benteng yang terbuat dari buah lemon.

Seorang pegawai festival sedang menyebarkan buah lemon di kota Menton.

Seekor burung bangau dan sebuah rumah menjadi simbol Perancis timur, Alsace.

Bangunan menara dengan lonceng dan seorang raksasa. Bangunan ini melambangkan wilayah utara Perancis.

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger