Home » , , » Kejujuran Seorang Remaja Ingatkan Masyarakat China Akan Moral Tanggung Jawab

Kejujuran Seorang Remaja Ingatkan Masyarakat China Akan Moral Tanggung Jawab

Written By Novita Retnaningtyas on Saturday, February 16, 2013 | 5:51 PM

Seorang siswa sekolah menengah Xu Lihan tidak pernah membayangkan bahwa catatan permintaan maaf yang ditinggalkan di mobil ketika dia tak sengaja merusak akan memicu sebuah diskusi online tentang moral sosial. Remaja 17 tahun itu bernasib buruk ketika sepedanya menabrak BMW yang diparkir di sisi jalan di kota Yangzhou, China Timur. Xu melanggar kaca spion dan meninggalkan goresan pada kendaraan BMW tersebut.

Meskipun tahu ia akan harus membayar jumlah yang besar untuk mengganti kerusakan , Xu memutuskan untuk menunggu pemilik kendaraan kembali. Tapi si pemilik tak kunjung datang, akhirnya Xu meninggalkan catatan permintaan maaf dan mengklaim kerusakan adalah tanggung jawabnya.



“Saya minta maaf bahwa saya tidak bisa memberikan kompensasi sekarang,” demikian isi catatan, yang berakhir dengan nomor teleponnya. “Tidak ada yang luar biasa karena saya menyebabkan masalah. Jadi saya harus memikul kewajiban saya,” kata Xu Xinhua.

Tapi tindakannya justru membuat kagum pemilik mobil, seorang pria bermarga Ling. Ling mengatakan ia menemukan anak itu hendak pergi ketika ia dan temannya meninggalkan restoran terdekat. Menemukan mobil rusak, teman Ling segera meraih remaja, karena menduga akan kabur, dan mempersiapkan diri untuk argumen sengit.



“Tapi anak itu tidak membela diri. Sebaliknya, ia terus meminta maaf. Kemudian kita melihat catatan dan terdiam,” kata Ling. Terkesan dengan tindakan jujur dari Xu, Ling mengatakan kepada remaja itu, dia tidak perlu membayar untuk kerusakan. Rincian kisah ini disampaikan oleh Ling pada Sina Weibo, sebuah situs microblogging populer, membuat popular akan kejujuran Xu. Banyak komentar mengalir dan memuji tindakan Xu.

Disintegrasi moral China telah menjadi topik hangat baik online dan di dunia nyata, karena banyak orang Cina telah terbiasa dengan tindakan asusila mulai dari pemalsuan barang dan penjualan gelar sarjana palsu untuk korupsi pemerintah. Tindakan Xu seakan-akan menyadarkan bahwa tindakan berani, bertanggung jawab Xu memberikan energy positif kepada semua kalangan, baik dewasa dan menjadi contoh bagi kaum muda China. Setelah insiden ini Ling mengungkapkan rasa terima kasih kepada remaja Xu yang telah memberikan contoh kepada semua kalangan dan menyadarkan mereka arti jujur serta tanggung jawab.

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger