Home » , , » Kisah Lumba-lumba Bionik Pertama Diangkat ke Layar Lebar

Kisah Lumba-lumba Bionik Pertama Diangkat ke Layar Lebar

Written By Novita Retnaningtyas on Saturday, February 16, 2013 | 5:34 PM

Manusia bionik? Mungkin cerita ini sudah sering kita dengar dan menjadi hal yang sangat biasa bagi kita, tapi pernahkah anda mendengar ikan bionik?


Saat melihat ia berenang di dalam air, sepintas anda mungkin menganggap lumba-lumba yang satu ini sama seperti lumba-lumba pada umumnya. Tapi saat anda melihat dengan lebih jeli, barulah anda melihat perbedaan, yakni di bagian buntutnya.

Winter, seekor lumba-lumba hidung botol, menjadi lumba-lumba pertama yang ada di dunia yang menggunakan buntut bionik. Di usia dua bulan, Winter sudah harus kehilangan ibunya dan buntutnya akibat jeratan perangkat kepiting.

Winter pertama kali ditemukan oleh Jim Savage, seorang pria yang memiliki hobi memancing, di pantai Florida. Saat itu Jim mendengar raungan Winter dan melihatnya terperangkap disebuah jaring yang biasa digunakan untuk menangkap kepiting. Jim langsung melepaskan sang mamalia dari jeratan tali sebelum akhirnya menyadari jika Winter menderita cedera di bagian buntut.

Tidak tega mendengar nada kesakitan sang lumba-lumba, Jim pun langsung menghubungi pihak berwenang. Setelah tiga jam menunggu, akhirnya Theresa Mazza, seorang pakar biota laut, tiba ditempat kejadian. Setelah memeriksa kondisi sang ikan, Jim dan Theresa harus kembali menunggu kedatangan ambulan penyelamat selama 5 jam kemudian.

Dengan latihan, Winter mulai terbiasa menggunakan buntut bionik

"Saat pertama kali kami mendekatinya, dia meraung kesakitan dan ketakutan," ujar Theresa seperti yang dikutip oleh Sunday Mirror, Senin (08/08).

Pada akhirnya bantuan pun tiba dan Winter kemudian di bawa ke Akuarium Clearwater Marine dimana para pakar biologist menemukan fakta mengejutkan bahwa luka yang diderita Winter sangat parah sehingga mengharuskan mereka mengamputasi buntut Winter. 






Seorang staff akuarium menunjukkan buntut bionik yang bergerak bersama tulang belakang Winter.

Walau demikian, operasi berjalan lancar dan Winter akhirnya mulai belajar berenang dengan menggerakkan tunggul yang tersisa ke kanan dan kekiri, bukannya ke atas dan ke bawah. Kontan hal ini kembali membuat kekhawatiran karena bisa mengakibatkan kerusakan pada tulang belakangnya.

Setelah berdiskusi dengan para pakar biologi lainnya, akhirnya pihak akuarium menunjuk seorang ilmuwan Irlandia Kevin Carroll dan rekan bisnisnya Dan Strzempka untuk membuat buntut bionik.

"Saya langsung datang melihat Winter dan merasa kasihan. Saya berkata 'baiklah kami akan memberikan dia sebuah buntut, itu bukan masalah'," ujar Kevin Carrol.

Akhirnya setelah bekerja keras selama 18 bulan, menghabiskan 150 ribu poundsterling, dan membuat 50 prototype, Kevin dan Dan berhasil menciptakan sebuah buntut silikon sepanjang 30 inci yang sangat cocok.

Kini Winter pun bisa kembali bebas berenang di akuarium tersebut dengan penggantian buntut bionik yang baru secara berkala seiring dengan pertumbuhan Winter.

Kisah Winter sendiri telah menjadi inspirasi bagi seluruh orang dan akan segera di filmkan ke layar lebar dengan dibintangi oleh beberapa aktor terkenal seperti Morgan Freeman, Ashley Judd dan Harry Connick Jnr.

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger