Home » » Makanan Penurun Gula Darah

Makanan Penurun Gula Darah

Written By Novita Retnaningtyas on Sunday, February 24, 2013 | 3:15 AM



[imagetag] Makanan penurun gula darah sangat berguna bagi penderita kencing manis atau diabetes yang sedang menjalani diet. Karena makanan yang bisa mengontrol gula darah akan mengurangi ketergantungan pada suntikan insulin atau obat kencing manis lainnya. Bahkan pada penderita diabetes tipe 2, makanan penurun gula darah ini bisa menggantikan obat-obatan yang lazim diminum seumur hidup.

Beberapa makanan penurun gula darah bekerja seperti insulin, dengan menurunkan gula darah. Sedang yang lain bekerja dengan memperbaiki metabolisme gula darah atau memperlambat penyerapan glukosa di organ pencernaan. Sehingga lonjakan gula darah setelah makan bisa dihindari.

Disamping makan makanan penurun gula darah, penderita kencing manis harus tetap mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang. Yaitu yang mengandung kalori, lemak yang sehat, protein, vitamin dan mineral. Unsur lengkap dalam makanan diperlukan menjaga tubuh sehat, sekaligus menjaga gula darah tetap normal.

Berikut makanan penurun gula darah yang mungkin bisa menggantikan insulin atau obat-obatan diabetes pada penderita kencing manis tipe 2 antara lain:

Pare

Rasanya yang pahit ternyata bermanfaat memperlambat penyerapan glukosa di organ pencernaan, sehingga menghindari lonjakan gula darah setelah makan. Cara konsumsinya bisa dengan dibikin sayur, atau dengan cara dijus kemudian direbus baru dikonsumsi. Biasanya 200 gram perhari bisa membantu mengontrol gula darah.

Alpukat

Ternyata selain bisa menurunkan kolesterol, juga bisa membalik insulin resistan. Kandungan lemak tak jenuh dan seratnya bisa memperlambat pembakaran kalori, adalah menu yang cocok untuk penderita kencing manis.

Kayu manis

Memiliki efek seperti insulin, karena kandungan zat antioksidan polyphenol. Setengah sendok teh bubuk kayu manis yang bisa dilarutkan dalam teh atau makanan harian.

Jeruk

Konsumsi jeruk setelah makan bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Jeruk juga membantu kerja organ pencernaan dan mendorong detoksifikasi dalam tubuh.

Bawang putih

Selain bermanfaat menurunkan kolesterol, juga kandungan sulfurnya membantu menurunkan kadar gula darah. Bawang putih yang mentah bisa memperbaiki kerja insulin. Bawang putih bisa ditambahkan sebagai bumbu dalam sayuran ataupun masakan lainnya.

Ginseng

Selain bisa untuk memperbaiki stamina, ternyata konsumsi ginseng 200 mg setiap hari bisa menurunkan kadar gula darah secara konsisten.

Makanan yang glukosa indeknya rendah.

Merupakan makanan yang memiliki glukosa rendah, sangat baik bagi penderita kencing manis. Dan sangat membantu dalam pengaturan diet pada penderita kencing manis.

Selain konsumsi makanan penurun gula darah, penderita kencing manis dianjurkan juga berolahraga karena bisa meregulasi gula darah dengan baik. Pola hidup sehat akan menghindarkan penderita kencing manis dari berbagai komplikasi. Anda bisa pelajari lebih lanjut di diet makanan pada penderita kencing manis.

Sumber

112786

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger