Home » » Ragam Cara Mencari Ide Untuk Blog

Ragam Cara Mencari Ide Untuk Blog

Written By Novita Retnaningtyas on Thursday, February 21, 2013 | 10:48 PM



[imagetag]

Ada saat dimana kita merasa kesulitan dan kehabisan ide dalam menulis blog. Hal ini banyak dialami baik untuk blog sendiri maupun sebagai freelance untuk menulis blog. Bagaimana cara kita untuk merenung dan mendapatkan ide itu kembali?

Sebenarnya ide itu tidak pergi kemanapun, namun kita hanya harus menemukan percikan yang dapat memicu inspirasi itu muncul kembali dan membuat kita dapat menulis untuk blog kita atau orang/perusahaan lain. Tidak perlu takut kehabisan ide untuk menulis artikel atau posting yang bermanfaat, kita dapat menulis 50 hingga 100 lebih posting dalam sehari dan ide itu seolah tidak ada habisnya. Namun jika kita merasa ide dikepala mulai menghilang, tidak ada salahnya simak beberapa tips berikut ini.

Membaca sambil mencari ceruk artikel yang kita baca

Sebenarnya hal ini cukuplah jelas, namun kita sering lupa dengan hanya membaca sisi luar dari sebuah artikel. Cobalah dengan berlangganan Google Reader atau feed dari beberapa situs besar untuk menghasilkan ide kita. Perlu diketahui bahwa banyak ide-ide besar muncul dan membahas tentang ceruk pasar yang spesifik. Misalkan dalam dunia golf, pembahasan bisa lebih mendalam yakni tentang sarung tangan golf yang nyaman.

Membaca dari koran/majalah lokal

Cari hal-hal di koran/majalah yang menarik minat dan perhatian kita. Meskipun itu suatu berita politik yang membuat sebagian besar masyarakat enggan untuk menanggapinya, namun jika mencoba mencari ceruk dari berita tersebut, tak sedikit ide yang akan muncul untuk menulis blog.

Menggali beberapa pertanyaan

Tahukah bahwa artikel-artikel besar itu lahir dari pertanyaan-pertanyaan besar? Nah mengapa kita tidak mencoba untuk mencari pertanyaan-pertanyaan besar itu di pikiran kita? Untuk membantu itu, kita bisa mengunjungi beberapa situs seperti wikianswers.com, answers.yahoo.com dan ask.com agar pencarian ide tersebut menjadi lancar. Namun perlu diingat, jangan terjebak pada satu situs tertentu sehingga kita bisa berjam-jam berada disana untuk membaca hal-hal yang mengakibatkan ide tersebut pudar. Selain itu kita juga bisa mengunjungi beberapa forum untuk mencari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin bisa kita jawab dan menuliskannya kedalam blog.

Manfaatkan waktu dan mesin pencari

Setiap kali kita mencari sesuatu di mesin pencari (Search Engine) di internet, yakinlah bahwa orang lain pun juga mencari hal yang sama dengan kita. Manfaatkan hasil pencarian ini dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan ide, dengan melihat apa yang orang lain tulis atau dengan memanfaatkan pencarian potensial yang terkait (the potential related searches) di situs Google dan siapa sangka itu bisa menjadi tambang emas bagi perputaran ide-ide kita.

Gunakan Kata Kunci pencarian sebagai ide

Jika mengunjungi situs wordtracker.com, kita dapat mengetahui apa yang sedang orang cari. Dengan menggunakan versi trial nya, itu bisa menghemat anggaran. Misalkan kita mengetikkan kata "dogs", maka akan terdapat sekitar 100 daftar pencarian dan sedang menjadi topik hangat pembicaraan. Hal ini sangat bagus untuk memicu ide kita untuk menulis.

Cari Hash Tag Trending Topics di Twitter

Saat ini Twitter adalah fenomena sejati dan ada jutaan orang yang menggunakannya. Mendapatkan ide dari hash tag yang sedang menjadi Trending Topics adalah hal yang sangat dimungkinkan. Kita bisa melihat timeline dari para tweeps yang ikut dalam perbincangan tersebut dan menjadikannya ide untuk menulis blog. Untuk lebih memudahkan kita mencari hash tags trending topics saat ini, dapat mengunjugi situs HashTags.org.

Berbincang dengan anak-anak

Dari mulut anak-anak terkadang bisa menimbulkan ide untuk menulis blog. Kita tahu bahwa dalam berbicara, anak-anak dengan polos dan penuh kejujuran tanpa rasa takut untuk mengungkapkan sesuatu hal. Hal itu bagus bagi si anak dalam memandang dunia dari sisi perspektifnya. Dan terkadang dari situ timbul ide yang aneh dan indah memicu kita untuk menulis blog. Mengapa kita tidak mencoba untuk berbincang dengan anak kita, keponakan, anak teman atau anak tetangga.

Membuat sebuah daftar berisi 100 topik

Mungkin ini nampak seperti pekerjaan rumah yang besar, namun jika kita mencoba untuk membuatnya, hal itu sama dengan kita telah membuat 100 buah artikel yang siap untuk kita tulis dan akan tersebar dihari-hari yang akan datang. Berani mencoba? maka hasil nyata akan kita terima.

Sumber

#65bcdf

1 comments:

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger