Home » , , , , » Wah, Ada Pohon Bonsai Bisa Main Musik?

Wah, Ada Pohon Bonsai Bisa Main Musik?

Written By Novita Retnaningtyas on Tuesday, February 12, 2013 | 6:56 AM

Kira – kira musik dari sebuah pohon bonsai gimana jadinya yah? Penasaran sama fenomena unik ini?

Yup, musik dari sebuah pohon bonsai bukan lah hal yang tidak mungkin. Coba Anda berdiam diri sejenak dalam keheningan. Sadar tidak sadar, alam di sekitar kita itu sebenarnya mengeluarkan suara loh! Mulai dari desiran daun – daun pohon yang saling bergesek, suara air mengalir, angin yang berhembus, hingga sayap lebah yang mengeluarkan bunyi “nguuuunnng”. Itu semua adalah suara – suara dari alam. Namun sering kali tidak kita sadari karena kita terlalu sibuk dengan aktivitas kita dan tingginya tingkat polusi suara di kota. Sehingga sedikit dari kita yang dapat menghargai alam sekitar dan menikmati keajaibannya.


Diego Stocco, adalah seseorang yang menyadari bahwa alam mengeluarkan suara. Ia terinspirasi untuk memainkan musik, dimana instrumennya berasal dari alam sekitar. Idenya tersebut telah diakui sangat kreatif yang tidak terpikirkan orang lain. Alhasil, Diego berhasil meciptakan nada – nada musik dari alam sekitarnya, termasuk dari pohon bonsai. Menarik bukan?

Siapa yang menyadari bahwa ternyata daun – daun yang bergesekan dapat mendesir, kupasan kulit jeruk dapat mengeluarkan suara unik, bila dimainkan oleh seorang pemusik handal? Bingung gimana caranya?


Diego memulai eksperimen ini pada tahun 2009. Ketika itu, ia terinspirasi untuk membuat instrumen musik dari sebuah pohon tua di halaman belakang rumahnya. Dan, Diego pun menemukan ide membuat musik dari alam.

Pada awalnya, Diego hanya bereksperimen dengan sebuah pohon bonsai. Nah, untuk menentukan kunci nada yang pas, Diego mencoba menggoyang – goyangkan pohon bonsai tersebut. Diego melakukan berbagai macam percobaan dengan pohon bonsai nya. Tidak mudah memang, namun Diego adalah seorang yang gigih. Diego mencoba segala nya, mulai dari digoyangkan, sampai digesek. Semua teknik sudah dicobanya. Setelah menemukan tenik yang tepat, Diego mencari nada – nada yang dihasilkan pohon bonsai tersebut. Kemudian Diego merekam suara – suara yang dihasilkan tersebut. Diego memang menggunakan teknologi canggih, seperti perekam Rode NT6. Rode NT6 sendiri adalah alat semacam stetoskop dengan perekam mini. Musik yang dihasilkan Diego itu murni dari alam, tidak ada bantuan instrument musik buatan manusia lainnya.


Setelah bereksperimen dengan pohon bonsai, Diego pun mencoba unsur – unsur alam lainnya. Contohnya saja pasir, kayu pohon, daun, kulit jeruk, kacang almond, biji – bijian, hingga lebah. Dan ternyata percobaannya ini berhasil. Dan Diego pun mulai mengembangkan ide brilian ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger