Home » » Alasan Mengapa Teh Berbahaya Bagi Kesehatan

Alasan Mengapa Teh Berbahaya Bagi Kesehatan

Written By Novita Retnaningtyas on Tuesday, February 19, 2013 | 4:25 PM



[imagetag]

Segala sesuatu jika dilakukan ataui dikonsumsisecara berlebihan sudah tentu akan mengganggu kesehatan. Hal ini juga berlakubagi teh, minuman favorit masyarakat Indonesia.

Minum teh yang sudah menjadi tradisi bagimasyarakat Indonesia, tak hanya memberikan manfaat, namun juga membahayakankesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dr John Milner, asisten Profesor DepartemenUrology, Loyola University Chicago Stritch School of Medicine, menyatakan bahwaorang yang memiliki kecenderungan pembentukan batu ginjal, teh merupakanminuman yang tidak dianjurkan untuk diminum.

Teh mengandung oxalate dengan konsentrasitinggi, salah satu zat kimia yang dapat memicu pembetukan batu ginjal dankerusakan umum saluran kemih.

Selain itu, kebiasaan kurang baik selama musimpanas yang sering dilakukan banyak orang adalah cenderung memilih minuman segarseperti es teh manis, dibandingkan minum air putih.

Dehidrasi yang dikombinasikan denganpeningkatan konsumsi teh, meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal terutamabagi orang yang mengidap risiko itu.

Batu ginjal adalah kristal kecil yangterbentuk dari mineral dan garam. Sering kali ditemukan di urin dalam ginjalatau uretra (saluran kecil yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih).

Tak hanya minum teeh dalam porsi banyak yangberbahaya, Bila seseorang mengkonsumsi Teh bersama makanan besar (makan nasidengan lauk), Zat besi yang ada di lauk akan terikat oleh tannin dan catechinsehingga tidak dapat terserap usus.

Fe atau zat besi di makanan berguna membentuksel darah merah atau eritrosit. Jadi, bila seseorang kekurangan zat besi, akantimbul penyakit kekurangan sel darah merah atau eritrosit yang sering disebutanemia Defisiensi Besi.

Anemia Defisiensi Besi yang parah dalam waktulama bisa mengakibatkan berbagai komplikasi anemia diantaranya gagal jantung,gangguan pertumbuhan dan komplikasi saat persalinan.

Sumber

112786

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger