Home » , , » Meriahnya Perayaan Imlek di Penjuru Dunia

Meriahnya Perayaan Imlek di Penjuru Dunia

Written By Novita Retnaningtyas on Monday, February 11, 2013 | 6:58 PM


Warga etnis Tionghoa tak hanya ada di Indonesia melainkan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Hampir di setiap daerah dan negara memiliki kawasan Pecinan atau China Town. Jelang perayaan Tahun Baru China 2013, masyarakat etnis Tionghoa dari seluruh negara menyiapkan berbagai hiasan untuk meriahkan perayaan pergantian tahun menuju tahun ular tersebut.

Yuk, kita intip kemeriahan Imlek di berbagai negara berikut:

Beijing


Ibukota negara China tersebut pastinya memberikan nuansa berbeda untuk merayakan Imlek. Temple Fair menjadi festival paling favorit yang dinantikan di Beijing saat Imlek. Dalam acara tersebut diadakan berbagai ritual keagamaan dalam kuil. Pameran klenteng juga menjadi daya tarik tersendiri di Beijing. Seperti, Temple of Heaven (Tiantan) yang menjadi saksi sejarah Beijing dibangun. Di dalam kuil tersebut juga terdapat 28 tiang yang menyimbolkan empat musim, 12 bulan dan 12 shichen (sistem waktu China kuno).

Wangfujing Street juga bisa menjadi alternatif saat merayakan Imlek karena disana terdapat beragam pernak pernik khas Imlek, juga kuliner hingga suvenir dan pakaian. Festival musim semi juga menampilkan hiburan dari kesenian tradisional, akrobat, opera hingga acara minum teh.

Hong Kong


Berbagai atraksi menarik hadir saat perayaan Imlek yang jatuh pada hari Minggu (10/2) mendatang. Di Hongkong, anda akan menyambut Imlek dengan parade kesenian dan juga pesta kembang api di Victoria Harbour. Parade kesenian juga menjadi daya tarik sendiri seperti kung fu dari shaolin di atas rakit. Masyarakat juga berkumpul di sekitar Tsim Sha Tsui untuk melihat parade budaya tersebut.

Singapura



Chinatown yang terletak di Singapura menjadi destinasi utama merayakan pergantian tahun etnis Tionghoa di negara tersebut. Pesta kembang api di Eu Tong Sen Street dan New Bridge Road akan memeriahkan Imlek kali ini. Chingay Parade digelar spesial tahun ini yang menyajikan arak-arakan penari, barongsai serta mobil hias. Parade ini akan berlangsung mulai 22-23 Februari mendatang.

San Fransisco


Tak hanya negara di wilayah Asia yang merayakan hari raya Imlek. Amerika, tepatnya San Fransisco pun menyajikan kemeriahan yang tak kalah heboh dari negara-negara di atas. Area pesisir pantai San Fransisco akan dihiasi nuansa merah yang menyajikan parade kebudayaan China. Flower Market Fair telah digelar 14-15 Januari lalu.

Puncak acara akan jatuh pada 11 Februari mendatang dengan mengambil lokasi di pesisir pantai San Fransisco. Acara akan dimeriahkan pertunjukkan barongsai, tarian dan pelepasan lentera ke laut yang pastinya akan sangat menarik untuk diikuti. Rencananya, perwakilan dari umat Tionghoa seluruh Amerika Serikat akan berpartisipasi di acara-acara tersebut.

London



Parade akan tetap menjadi perhatian utama saat hari raya Imlek di London, Inggris. Setiap tahun, masyarakat menyerbu wilayah West End untuk merayakan pergantian tahun etnis Tionghoa. Pertunjukkan barongsai, naga, hingga pesta kembang api merupakan rencana pemerintah setempat untuk memeriahkan pergantian tahun baru China. Perayaan dipusatkan di Trafalgar Square, Leicester Square dan Chinatown

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger