Home » » Pengertian Narkoba

Pengertian Narkoba

Written By Novita Retnaningtyas on Thursday, February 14, 2013 | 7:16 AM

Pengertian Narkoba Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika dan obat-obatan yang berbahaya. Narkoba atau dengan istilah lain yaitu Napza terbagi dalam 3 jenis yakni Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Baik narkoba dan napza merupakan kelompok senyawa yang dapat menimbulkan efek kecanduan  (sakau) bagi pemakainya. Narkoba ini merupakan senyawa Psikotropika yang pada umumnya digunakan untuk mengobati pasien atau untuk membius pasien pada waktu akan diadakan proses operasi. Senyawa ini apabila dipakai atau disalahgunakan oleh seseorang dan masuk ke dalam tubuhnya yang jelas dapat mempengaruhi / mengubah keadaan psikologi atau dapat mengakibatkan terganggunya sistem susunan saraf ke otak sehingga akan berpengaruh pada alam pikiran, perasaan, emosi, perilaku dan aspek sosial.

112786


[imagetag]

Faktor Penyebab Penyalahgunaan Narkoba

1. Faktor Internal :

Faktor internal ini yang jelas berasal dari dalam diri sendiri seperti kurangnya tertanan pendidikan agama pada dirinya, depresi, kecemasan. Pada umumnya penyalahgunaan narkoba ini timbul di kalangan remaja, pelajar yang selalu memiliki rasa ingin tahu dan rasa ingin mencoba hal-hal yang baru dikenalnya.

2. Faktor Eksternal :

Faktor eksternal ini berasal dari luar diri sendiri, seperti pengaruh lingkungan, kondisi keluarga atau karena narkoba tersebut mudah dijangkau karena letaknya memang di daerahnya / lingkungannya.

Bahaya Narkoba Pada Remaja dan Pelajar

Dewasa ini tingkat penyalahgunaan narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) makin meningkat baik yang tinggal di kota besar ataupun di pelosok-pelosok. Barang haram ini sudah menjadi trend dikonsumsi di kalangan remaja dan pelajar. Hal ini akan berpengaruh sekali dan dapat membahayakan tingkat kelangsungan hidup dan kemajuan bangsa nantinya, karena si pemuda dan pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang sangat diandalkan. Bagaimana nasib bangsa kita dan apalah jadinya jika pemuda dan pelajar sudah banyak yang mengkonsumsi dan menjadi pecandu narkoba?

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Daftar Isi | Disclaimer
Copyright © 2013. Moncrotz - All Rights Reserved
Supported By Cewek Crot and Foto Hot
Proudly powered by Blogger